Sabtu, 11 Februari 2012

=> Jenis-Jenis Jaringan Komputer


979 Votes


Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis,yaitu:
I
1.     Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milikpribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yangberukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkalidigunakan untuk menghubungkan komputer-komputerpribadi dan
workstation
dalam kantor suatu perusahaanatau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya(
resouce, misalnya printer) dan saling bertukarinformasi.


Gambar di atas adalah contoh model jaringan LAN.

2.      Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnyamerupakan versi LAN yang berukuran lebih besar danbiasanya menggunakan teknologi yang sama denganLAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaanyang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dandapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta)atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisikabel.

Gambar di atas adalah model jaringan MAN, yaitu kumpulan dari beberapa jaringan LAN.

3.     Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakupdaerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuahnegara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

Gambar di atas adalah jaringan WAN yang mencakup seluruh benua.

4.     Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini,seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkatlunak yang berbeda-beda . Orang yang terhubung kejaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasidengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya.Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antarjaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda.Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuahmesin yang disebut gateway guna melakukan hubungandan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baikperangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulanjaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut denganinternet.

5.      Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadapkomukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringanyang menggunakan kabel. Misalnya orang yang inginmendapat informasi atau melakukan komunikasiwalaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat
terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukankarena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalammobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudahmarak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit danmampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepatdibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

II.

1.     Topologi Jaringan Komputer
Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yangsatu dengan komputer lainnya sehingga membentukjaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah
bus,token-ring, star dan peer-to-peer network

Masing-masingtopologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Antara Lain :

1.     Topologi BUS
Topologi ini adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator. Topologi ini sudah sangat jarang digunakan didalam membangun jaringan komputer biasa karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya kemungkinan terjadi nya tabrakan aliran data, jika salah satu perangkat putus atau terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi sebelum kerusakan tersebut di atasi.



Keuntungan :
Ø Hemat kabel
Ø Layout kabel sederhana
Ø Mudah dikembangkan

Kerugian:
Ø Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
Ø Kepadatan lalu lintas
Ø Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisaberfungsi.
Ø Diperlukan repeater untuk jarak jauh

2.     Topologi TokenRING
Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah caramenghubungkan komputer sehingga berbentuk ring(lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yangsama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan ke setiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan.

Keuntungan:
Ø Hemat Kabel

Kerugian:
Ø Peka kesalahan
Ø Pengembangan jaringan lebih kaku

 
3.     Topologi STAR
Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yangmenyalurkan data tersebut kesemua simpul atau clientyang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primeratau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunderatau client server. Setelah hubungan jaringan dimulaioleh server maka setiap client server sewaktu-waktudapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpamenunggu perintah dari server.

Keuntungan:
Ø Paling fleksibel
Ø Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dantidak mengganggu bagian jaringan lain
Ø Kontrol terpusat
Ø Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
Ø Kemudahaan pengelolaan jaringan

Kerugian:
Ø Boros kabel
Ø Perlu penanganan khusus
Ø Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

4.     Topologi Peer-to-peer Network
Peer artinya rekan sekerja.
Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapakomputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakanadalah penggunaan program, data dan printer secarabersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapatmemakai program yang dipasang di komputer Dino, danmereka berdua dapat mencetak ke printer yang samapada saat yang bersamaan. Sistem jaringan ini jugadapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yangmemiliki komputer Kuno misalnya AT, dan inginmemberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidakperlu membuang komputer lamanya. Ia cukup memasangnetwork card di kedua komputernya kemudiandihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuksistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga caradiatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehinggalebih mudah dipelajari dan dipakai.

III.

Manfaat Jaringan Komputer
Resource  Sharing , dapat menggunakan sumberdayayang ada secara bersamasama.Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnyadari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalammenggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwajaringan komputer mangatasi masalah jarak.
Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akanmendapatkan reliabilitasyang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan ataudicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksikejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.

Menghemat uang
Komputer berukutan kecil mempunyairasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengankomputer yang besar. Komputer besar seperti mainframememiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipatkecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetap, hargamainframe seribu kali lebih mahal dari komputerpribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dankecepatan inilah membuat para perancang sistem untukmembangun sistem yang terdiri dari komputer-komputerpribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar